Pandangan Umum Model Gaya Belajar

MODEL VAK – Visual, Auditory, Kinestetik

RICHARD BRANDLER-JOHN GRINDER (NLP) mengembangkan MODEL VAK sebagai dasar bagi Neuro Linguistic Programming (NLP), dimana melalui modalitas belajar orang-orang memproses dan menyimpan informasi. Metode ini diciptakan tahun 1970-an, model ini sekarang digunakan secara luas untuk konseking di dunia pendidikan maupun pelatihan-pelatihan.

MODEL BRAIN QUADRANT dari NED HERMANN

Ned Hermann mengembangkan model ini terinspirasi oleh Penemuan otak kiri-otak kanan Roger W. Sperry yang ditemukan tahun 1950 an, bahkan memenang nobel tahun 1960-an.  Model ini menjabarkan preferensi preferensi untuk fungsi mental dan dominasi otak, model ini diciptahan tahun 1970-an dan banyak digunakan untuk pelatihan management maupun di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas.

MODEL MULTIPLE INTELLIGENCES

Diciptakan oleh HOWARD GARDNER seorang Profesor dari Harvard University, telah mengemukakan panjang lebar bahwa setiap orang masing-masing mempunya paling sedikit 7 kecerdasan yang berbeda  dan beberapa waktu kemudian dia tambahkan kecerdasan naturalis sehingga ada 8 kecerdasan. Setiap manusia memiliki semua jenis kecerdasan itu, namun hanya ada beberapa yang dominan atau menonjol dalam diri seseorang. Kedelapan Kecerdasan itu adalah :

1. Kecerdasan Linguistik (word smart)
2. Kecerdasan Spasial (picture smart)
3. Kecerdasan Matematis (logic smart)
4. Kecerdasan Kinestetis (body smart)
5. Kecerdasan Musik (music smart)
6. Kecerdasan Interpersonal (people smart)
7. Kecerdasan Intrapersonal (self smart)
8. Kecerdasan Naturalis (nature smart)

Masih banyak lagi model-model gaya belajar yang populer yg telah dikembangkan oleh para ahli dunia psikologi maupun neuroscience seperti Model Gaya belajar Sistem 4MAT oleh McCarthy, Model LSI, PEPS oleh Dunn and Dunn, Model Gregorc/Butler, Model Dunn and Prashnig, dan lain-lain.